Apa Itu Adsense?

AdSense adalah program periklanan yang dijalankan oleh Google. Pemilik website dapat mendaftarkan diri dalam program ini untuk mengaktifkan iklan teks dan gambar di situs mereka. Iklan ini dikelola oleh Google dan menghasilkan pendapatan pada basis per-klik. Google menggunakan teknologi pencarian untuk melayani iklan berdasarkan konten situs web, lokasi geografis pengguna, dan faktor lainnya. Mereka yang ingin beriklan dengan sistem iklan bertarget Google dapat mendaftar melalui AdWords.


AdSense telah menjadi metode populer menempatkan iklan di website karena iklan kurang intrusif daripada kebanyakan banner, dan isi dari iklan sering relevan dengan website. Saat ini menggunakan kode JavaScript untuk menggabungkan iklan ke situs yang berpartisipasi.

Jika termasuk di situs yang belum dijelajahi oleh Mediabot tersebut, maka akan muncul sementara iklan untuk amal yang dikenal sebagai iklan layanan masyarakat (ILM). (Perhatikan bahwa Mediabot adalah crawler terpisah dari Googlebot yang mempertahankan indeks pencarian Google.) Banyak situs menggunakan AdSense untuk menguangkan konten mereka dan beberapa webmaster bekerja keras untuk memaksimalkan pendapatan AdSense mereka sendiri.

Mereka melakukan ini dalam tiga cara: Mereka menggunakan berbagai teknik menghasilkan lalu lintas termasuk namun tidak terbatas pada iklan online. Mereka membangun konten yang berharga di situs mereka; konten yang menarik iklan AdSense dan yang membayar paling ketika mereka diklik. Mereka menggunakan copy di situs Web mereka yang mendorong klik pada iklan. Perhatikan bahwa Google melarang orang-orang dari menggunakan frase seperti "Klik pada iklan AdSense saya" untuk meningkatkan tingkat klik. Frase diterima adalah "Sponsored Links" dan "Advertisements".

Sumber dari semua pendapatan AdSense adalah program AdWords yang pada gilirannya memiliki model harga yang kompleks berdasarkan lelang harga kedua Vickrey, dalam hal ini perintah pengiklan untuk mengajukan penawaran tertutup ( tidak bisa diamati oleh pesaing). Selain itu, untuk setiap klik yang diberikan diterima, pengiklan hanya membayar satu kenaikan penawaran di atas tawaran tertinggi kedua.